Monday, November 14, 2016

Ajukan Kredit di BNI Bisa Lewat Smartphone, Begini Caranya

Foto: Eduardo Simorangkir

Berita terbaru Nusantarabet4d, Jakarta - Tidak lepasnya aktivitas masyarakat saat ini dari apapun terkait teknologi digital menjadi latar belakang PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) (Persero) dalam meluncurkan kredit digital pada awal November lalu.

Dari 259 juta populasi penduduk yang dimiliki oleh Indonesia saat ini, 88,1 juta di antaranya merupakan pengguna internet, yang jumlahnya akan terus bertambah.

"Ini sangat berpotensi untuk terus berkembang. Jumlah handphone lebih besar dari jumlah penduduk Indonesia 326,3 juta, sedangkan user media sosial aktif kita 79,1 juta jiwa. Artinya potensi ini yang akan jadi kekuatan kita membangun ekonomi Indonesia," ujar Senior Vice Presiden Bisnis Usaha Kecil BNI, Anton Siregar dalam media workshop di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (14/11/2016).

Hal ini didukung lagi dengan banyaknya bisnis startup yang saat ini marak muncul. Bisnis startup sendiri didominasi oleh anak muda, yang menyukai proses instan dan tidak konvensional.

"Kalau kita masuk ke e-commerce, pemain-pemain di sana, itu memang anak-anak muda semua, yang kalau menginginkan fasilitas kredit nggak mau ke bank secara konvensional. Pesan makanan saja bisa pakai go-jek kan," kata dia.

Seperti diketahui, BNI meluncurkan fasilitas kredit digital, dengan memberikan kemudahan untuk menyalurkan kredit lewat sistem online atau yang dinamakan digital loan. Lewat digital loan, nasabah yang ingin mengajukan kredit tidak perlu repot-repot untuk antre dan mengisi formulir di kantor cabang BNI.

Berkas-berkas persyaratan, dapat di-scan atau difoto langsung menggunakansmartphone, kemudian di-upload ke sistem saat pengajuan kredit. Nasabah hanya cukup mengisi formulir dalam website

Nasabah bisa melakukan proses peminjaman hingga Rp 25 juta yang dapat digunakan untuk modal kerja usaha maupun investasi. Pinjaman ini bisa dicicil hingga 60 bulan dengan suku bunga rendah 9% efektif per tahun.

Bahkan, kini bank pelat merah tersebut juga telah menyediakan cara lain dengan hanya memindai kode QR yang ada lewat aplikasi di smartphone. Setelah pengajuan kredit nasabah melalui BNI Kredit Digital diterima, petugas BNI akan menghubungi dan menjadwalkan kunjungan ke nasabah. Nasabah dapat menyiapkan kelengkapan dokumen yang diperlukan.

"Kita tinggal cari QR Code-nya, di-scan, dan langsung masuk ke aplikasi kredit. Dari sini tinggal pilih aplikasi apa yang diinginkan. Aplikasi wirausaha atau KUR, yang kita buka aksesnya 1 miliar ke bawah. Tapi untuk verifikasi tetap harus lakukan visit. Karena ini sangat berisiko sekali, sebagai mitigasi risiko kami," tukas Anton. (hns/hns)

0 comments:

Post a Comment